Cesar imagery
Cara Menemukan Anjing yang Hilang
Cara Menemukan Anjing yang Hilang

Cara Menemukan Anjing yang Hilang

Dikenal sebagai sahabat manusia, anjing menjanjikan komitmen seumur hidup kepada Anda yang memelihara mereka.

Orang tua anjing sangat memperhatikan hewan peliharaan kesayangan mereka untuk memastikan kenyamanan dan keamanan mereka. Namun, setiap orang mengalami ketakutan kehilangan anjingnya. Sesuai penelitian, sekitar 1-3 hewan peliharaan mungkin hilang seumur hidup mereka. Masalahnya, tidak mudah untuk menemukan anjing yang hilang.
Membayangkan kita tidak bisa lagi melihat hewan peliharaan bisa jadi mimpi buruk yang terus menghantui selama kejadian buruk itu terjadi. Meskipun sebagian besar anjing domestik tidak melarikan diri karena mereka membentuk ikatan yang kuat dengan pengasuh langsungnya, ada beberapa kejadian yang dapat menyebabkan hewan peliharaan Anda tersesat atau melarikan diri.
Sebagai orang tua anjing, Anda harus siap menghadapi keadaan yang tidak terduga seperti anjing hilang. Karenanya, kami telah menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui – mulai dari mengapa anjing bisa tersesat hingga cara menemukan anjing hilang.

 

Alasan Anjing Bisa Hilang

Anjing dikenal karena kesetiaannya. Karenanya, jarang sekali anjing melarikan diri. Namun, terkadang mereka dapat melakukan hal tersebut. Berikut ini adalah beberapa alasan paling umum seseorang kehilangan anjingnya:

 

  • Kawin

    Anjing Anda kemungkinan besar akan melarikan diri untuk kawin. Seperti semua hewan, anjing juga memiliki usia kawin tertentu. Jika anjing Anda tidak dikebiri, kemungkinan besar mereka melarikan diri untuk kawin dengan anjing lain. Pasalnya, kebanyakan anjing jantan hilang selama usia kawin mereka.

     

  • Bosan

    Salah satu dari banyak alasan anjing menghilang adalah mereka bosan seiring berjalannya waktu. Anjing membutuhkan perhatian dan cinta yang konstan. Namun, kesibukan dapat menyebabkan orang tua mengabaikan anjingnya secara tidak sengaja. Hal ini, secara bertahap, dapat menyebabkan perasaan kesepian dan terjebak pada anjing. Karenanya, kebosanan yang berkepanjangan bisa menjadi alasan lain hewan peliharaan Anda kabur.

     

  • Rasa Ingin Tahu dan Penasaran

    Semua anjing memiliki ADHD – Attention Deficit Hyperactive Disorder. Ini berarti mereka memiliki rentang perhatian yang sangat pendek dan tertarik pada apa saja. Gangguan dan keingintahuan mereka untuk menjelajah terkadang dapat menyebabkan mereka kehilangan jejak dan tersesat. Oleh karena itu, kemungkinan teman berbulu Anda melarikan diri meningkat jika Anda mengajaknya jalan-jalan atau bermain secara teratur.

     

  • Ketakutan

    Anjing cenderung hilang saat mereka takut. Sahabat berkaki empat ini tidak menyukai suara keras, kekacauan, dan lampu yang berkedip-kedip secara berlebihan. Selain itu, anjing yang takut akan badai petir dan kembang api sering berlari tunggang-langgang mencari tempat persembunyian yang aman. Hal menakutkan lainnya bagi anjing adalah klakson tiba-tiba, motor atau mobil balap, dan suara keras lainnya yang bisa menyebabkan anabul kabur.

     

Kemana Harus Mencari Anjing Anda?

Mengetahui bahwa anjing Anda hilang bisa membuat depresi, tetapi harap diingat bahwa sangat umum hewan peliharaan tersesat. Namun, jangan langsung berkecil hati. Sebagian besar anjing yang hilang bisa ditemukan, bahkan banyak dari mereka yang akhirnya kembali. Ada banyak cara untuk menemukan anjing yang hilang. Anda harus mengambil langkah-langkah berikut sedini mungkin untuk menemukannya dengan sesegera.

 

  • Periksa Rumah Anda

    Anjing sering mencari perlindungan di tempat yang mereka kenal. Anjing yang takut cenderung bersembunyi di bawah furnitur seperti meja dan sofa, sedangkan anjing yang penasaran biasanya terjebak di tempat yang tidak diinginkan seperti lemari terbuka, gudang, loteng, dan lainnya. Oleh karena itu, disarankan untuk memeriksa setiap sudut rumah Anda sembari memanggil nama anjing Anda dengan keras dan jelas sebelum panik.

     

  • Periksa Tetangga dan Lingkungan Sekitar

    Anjing yang penasaran lebih cenderung berkeliaran dan berteman dengan manusia lain. Hewan peliharaan terkadang juga bingung dan masuk ke rumah atau tempat tetangga dengan anggapan itu adalah rumah mereka. Selain itu, anjing jantan mungkin melarikan diri untuk kawin dengan anjing betina di lingkungan sekitar. Jadi, yang terbaik adalah memeriksa jalur dan tetangga terdekat sebelum membayangkan skenario terburuk.

     

  • Cari di Taman Terdekat

    Jika anjing Anda memiliki kebiasaan berjalan-jalan di taman terdekat, ia mungkin akan lari ke salah satu tempat tersebut karena bosan. Anjing juga mencoba menemukan tempat yang aman di lokasi yang mereka kenal, salah satunya adalah taman yang biasa mereka kunjungi. Karenanya, ada kemungkinan besar Anda menemukan anjing Anda yang hilang di taman di terdekat.

     

Bagaimana Cara Mencari Anjing yang Hilang?

Kehilangan anjing Anda dapat menyebabkan rasa sakit yang tak terbayangkan. Nyatanya, kami langsung mulai membayangkan situasi yang tidak ingin dialami siapa pun. Namun, Anda tidak dapat menyerahkan diri Anda pada pikiran negatif yang berputar-putar selama situasi seperti itu. Ini adalah waktu di mana Anda harus gesit. Jadi, bagaimana cara mencari anjing hilang? Mari jelajahi metode terbaik untuk menemukan anjing yang hilang sesegera mungkin.

 

  • Umumkan di Media Sosial

    Hampir semua orang aktif di media sosial dan screen time mereka kini telah meningkat. Sehingga, media sosial memudahkan kita untuk terhubung dengan teman, keluarga, dan orang asing. Mengunggah foto terbaru anjing Anda yang hilang dengan keterangan yang “Dicari Anjing Hilang,” serta menyebutkan nama, lokasi terakhir terlihat, dan detail kontak Anda dapat meningkatkan peluang untuk menemukannya lebih cepat.

     

  • Tempel Poster

    Jika sudah lebih dari 24 jam dan Anda kehabisan tempat untuk mencari anjing Anda, cobalah pasang poster mereka di lingkungan sekitar. Poster harus terdiri dari foto terbaru hewan peliharaan Anda, nama, lokasi terakhir terlihat, dan detail kontak Anda. Pastikan juga untuk memberikan judul seperti “Dicari Anjing Hilang.” Setelah poster dicetak, tempelkan di tempat yang mudah terlihat di lingkungan dan kota Anda. Pastikan untuk menyebutkan nomor kontak Anda demi memastikan orang yang melihat anabul dapat menghubungi Anda dengan cepat.

     

  • Hubungi Tempat Penampungan Hewan

    Cara menemukan anjing hilang lebih cepat adalah dengan menghubungi penampungan hewan terdekat. Berikan tempat penampungan tersebut semua detail penting seperti nama hewan peliharaan Anda, usia, identifikasi, dan detail kontak Anda. Penampungan hewan kemudian akan melakukan yang terbaik untuk mengulurkan tangan demi menemukan anjing Anda sesegera mungkin.

     

  • Pindai Microchip

    Microchip adalah chip kecil yang dapat Anda tanamkan pada anjing Anda. Chip kecil ini berfungsi sebagai identifikasi permanen untuk hewan peliharaan Anda. Dengan menggunakan perangkat mungil ini, Anda dapat memeriksa lokasi keberadaannya dan bersatu kembali dengan hewan peliharaan Anda.

     

Tip Mencegah Anjing Anda Kabur dan Tersesat

Mencegah selalu lebih baik daripada menyesal nanti. Oleh karena itu, kami telah mengumpulkan beberapa tip penting untuk mencegah anjing Anda tersesat.

 

  • Pasang Kalung Nama:

    Anda harus mengikat kalung dan memberi label di leher hewan peliharaan Anda. Tali ini harus berisi detail dasar seperti nama anjing dan nomor kontak Anda. Sehingga, orang bisa menghubungi Anda sedini mungkin jika mereka menemukan anjing Anda yang hilang.

     

  • Pasang Microchip:

    Microchip berisi nomor unik dan berguna untuk mengidentifikasi hewan peliharaan Anda. Menanamkan microchip pada hewan peliharaan bisa membantu Anda mengidentifikasi mereka saat hilang.

     

  • Ajak Jalan-Jalan Setiap Hari:

    Anjing pandai mengingat arah. Mengajak anjing Anda jalan-jalan setiap hari akan membiasakan mereka dengan rute tersebut. Ini akan membantu mereka menemukan jalan pulang meskipun tersesat.

     

  • Amankan Rumah:

    Tutup pintu dan jendela yang tidak digunakan jika anjing Anda cenderung kerap lari keluar rumah. Anda juga harus memasang kamera pengawas di luar pintu untuk merekam video anjing Anda, kalau-kalau mereka melarikan diri.

     

Pertanyaan Umum tentang Anjing Hilang dan Cara Mencarinya

  • Apa yang anjing lakukan saat mereka tersesat?

    Anjing yang aktif cenderung mencari wali mereka atau orang yang dapat menghibur mereka, sementara anjing pemalu cenderung mencari tempat yang aman untuk bersembunyi.

  • Berapa lama anjing hilang?

    Kebanyakan anjing tidak sengaja melarikan diri. Mereka selalu berusaha menemukan jalan pulang ketika mereka tersesat. Jadi, dibutuhkan waktu antara beberapa jam hingga beberapa hari bagi anjing untuk kembali ke rumah. Harap dicatat, Anda harus secara aktif mulai mencari hewan peliharaan Anda jika mereka tidak kembali dalam beberapa jam.

  • Saya kehilangan anjing saya, bisakah ia mencari jalan pulang sendiri?

    Jika Anda kehilangan hewan peliharaan Anda di tempat yang Anda kenal, kemungkinan besar mereka akan menemukan jalan pulang. Tapi mereka mungkin cemas dan takut begitu mereka tersesat, jadi pastikan untuk mulai mencari setelah Anda menyadari bahwa mereka hilang.

  • Apa yang dirasakan anjing tersesat?

    Anjing yang hilang kemungkinan besar akan merasa takut, gugup, dan cemas. Anda bisa tahu seekor anjing tersesat karena perilakunya. Jika anjing terus-menerus menggonggong dan berusaha mencari sesuatu, mungkin itu adalah hewan peliharaan yang hilang. Dalam situasi seperti itu, harap periksa label kalung anjing untuk menghubungi wali atau serahkan ke penampungan hewan terdekat.

Artikel Terkait

Panduan Olahraga untuk Anjing Kecil

Jika Anda berpikir anjing kecil tidak suka berolahraga, pikirkan lagi. Banyak anjing kecil sangat aktif dan membutuhkan banyak olahraga. Dan...

Grooming Anjing Anda di Rumah

Pernahkah memikirkan kapan terakhir kali Anda memeriksa kesehatan kulit anjing Anda? Penting sekali untuk melakukan pemeriksaan secara terat...

Cara Bermain dengan Anjing

Di tengah kehidupan yang sibuk, mudah untuk melupakan kebahagiaan sederhana yang datang dari bermain dengan anjing.

Cara Merayakan Malam Tahun Baru bersama Anjing

Selamat Tahun Baru! Baik itu hanya Anda dan teman berbulu Anda, atau Anda berdua bersama dengan beberapa teman dekat Anda, atau juga rumah y...

Memilih Mainan untuk Anjing Kecil

Anjing kecil  dengan kepribadian besar! Anjing kecil Anda mungkin berpikir seperti anjing besar dan menggonggong seperti anjing besar, tetap...

Badai Petir: Lima Tips untuk Menenangkan Anjing Anda

Apakah hewan peliharaan Anda berubah menjadi anjing penakut selama badai petir? Jika demikian, dia pasti tidak sendiri. Kecemasan badai peti...

Checklist Wajib untuk Menyambut Anak Anjing Baru

Anjing disebut sebagai sahabat manusia karena sikapnya yang setia dan ramah. Menyambut anak anjing baru di rumah adalah pengalaman yang mend...

CESAR® Beli Online

Klik untuk membeli dari toko-toko di bawah ini