Cesar imagery
Panduan Memandikan Anjing
Panduan Memandikan Anjing

Panduan Memandikan Anjing

Kita semua tahu memandikan anjing bisa menjadi sulit. Sebagian anjing tidak memiliki bau dan mandi hanya 1-2 minggu sekali.

Sementara itu, anjing lainnya mudah mengeluarkan bau, meski sudah mandi beberapa hari yang lalu. Tapi, mandi secara teratur memiliki banyak manfaat kesehatan bagi sahabat Anda.

 

  • Kebersihan dan Mengurangi Bau

    Anda akan tahu kapan waktu yang tepat untuk mandi ketika anjing Anda mulai bau. Dengan sampo anjing yang wangi, mandi dapat menjaga kebersihan anjing Anda. Namun, pastikan untuk menghindari penggunaan sampo di beberapa bagian, seperti telinga, mata, dan hidung.

     

  • Melembutkan Bulu Anjing

    Penting sekali bagi anjing mandi dengan sampo khusus demi merawat kelembutan dan kilauan bulu anjing. Anda juga dapat menambahkan sedikit minyak kelapa atau kondisioner alami lainnya setelah memandikannya untuk menjaga kehalusan dan kelembapan bulunya.

     

  • Mengurangi Bulu Rontok

    Apakah Anda lelah menyedot debu sofa karena bulu anjing Anda rontok? Mandi yang sering akan membantu mengurangi kerontokan. Mandikan anjing Anda secara teratur dan ikuti dengan menyisir rambutnya agar rumah Anda lebih bersih!

     

  • Mengurangi dan Mencegah Alergi

    Beberapa orang alergi terhadap kulit mati dan bulu anak anjing mereka. Bulu anjing dapat menjebak alergen, kotoran, dan bakteri. Jadi, memandikan anjing dapat membantunya membawa lebih sedikit alergen.

     

  • Memantau Kesehatan Kulit dan Bulu Anjing

    Memandikan anjing juga penting untuk memantau kulit dan bulunya. Memandikan anjing memang butuh waktu dan ini adalah saat yang tepat untuk melihat anjing Anda lebih dekat.
    Periksa dan lihat apakah ada ruam kulit, bekas luka di kulit, kutu dan tungau. Anda juga perlu melihat telinga, gigi, dan kuku mereka apakah normal atau kemerahan.

     

  • Membangun Ikatan yang Kuat

    Meskipun bermain dengan anjing Anda dapat memperkuat ikatan batin kalian berdua, memandikan anjing juga merupakan momen yang sangat penting untuk menjalin kedekatan dengan mereka. Cobalah untuk tidak hanya membersihkan tubuhnya, tetapi juga berbicara dengannya sambil memeriksa telinga, gigi, dan kulitnya.
    Anda juga bisa bermain air, membuat waktu mandi menjadi lebih menyenangkan.

     

Seberapa Sering Anda Harus Memandikannya?

Tidak ada aturan mutlak mengenai seberapa sering Anda harus memandikan anjing. Hal ini tergantung pada beberapa faktor, seperti:

 

  • Tipe Bulu

    Jenis bulu anjing memainkan peran besar dalam hal cara memandikan anjing yang benar dan seberapa sering mereka perlu dimandikan.
    Anjing dengan bulu pendek tidak perlu sering dimandikan. Sementara jenis anjing tidak berbulu, seperti Chinese Crested dan Xoloitzcuintli, sebaiknya mandi seminggu sekali. Sedangkan ras berbulu panjang, seperti Maltese dan Collie harus dimandikan dengan frekuensi yang lebih sering.
    Meski, beberapa ras berbulu panjang seperti Puli, tidak terlalu sering dimandikan, karena tidak menimbulkan bau khas doggie.

     

  • Ukuran

    Faktor lain yang berperan besar dalam frekuensi mandi anjing adalah ukurannya. Semakin besar mereka, semakin sering mereka mandi.

     

  • Gaya Hidup

    Anjing dengan gaya hidup aktif biasanya memiliki bulu yang lebih pendek. Oleh karena itu, lebih mudah menjaga anjing tetap bersih di sela-sela waktu mandi. Anda juga bisa menggosok bulunya dengan waslap basah untuk menghilangkan kotoran yang menempel setelah bermain-main di luar rumah, seperti taman anjing.

     

  • Kondisi Kesehatan

    Kondisi kesehatan juga menjadi salah satu faktor terpenting dalam hal frekuensi waktu mandi. Jika anjing Anda memiliki kondisi kesehatan, perawat atau dokter hewan Anda mungkin menyarankan untuk menggunakan sampo obat selama anjing mandi. Jadi, pastikan Anda memahami kondisi kesehatan anjing Anda dan berkonsultasilah dengan dokter hewan.
    Cara memandikan anjing sebenarnya tidak begitu sulit dan repot. Enam langkah ini akan memudahkan menyikat, keramas, mencuci, dan mengeringkan — dan bahkan sedikit menyenangkan.

     

  1. Memilih Tempat Mandi

    Umumnya, anjing kecil lebih mudah dimandikan daripada anjing besar. Anda bahkan dapat memandikannya di ruang cuci atau wastafel dapur. Tentu saja, jika cuaca memungkinkan, Anda bisa memandikannya di luar rumah, bak cuci atau bahkan di teras rumah.
    Memilih tempat mandi bukanlah satu-satunya hal penting yang harus diperhatikan dalam memandikan anjing. Sebelum Anda memandikannya, kumpulkan perlengkapan Anda:

     

    • Sisir dan Sikat

      Sikat dan sisir adalah perlengkapan penting untuk memandikan anjing. Apalagi untuk mandi rutin. Sisirlah dan sikat bulu anjing Anda sebelum mandi untuk menghilangkan bulu rontok. Dengan cara ini, Anda juga bisa memeriksa apakah ada kutu. Namun, jika anjing Anda kotor setelah sesi jalan-jalan, Anda juga dapat melewati bagian ini dan langsung melakukan perawatan.
      Untuk mencegah saluran air tersumbat dengan rambut anjing Anda, pastikan menggunakan penyaring rambut di saluran pembuangan.

       

    • Sampo dan Kondisioner Anjing yang Lembut

      Sampo dan kondisioner anjing yang lembut sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit dan bulu anjing. Namun, jika anjing Anda memiliki kulit sensitif, pastikan untuk tetap menggunakan sampo anjing alami. Anda juga dapat mengkonsultasikan kesehatan dan masalah kulit anjing dengan dokter hewan.

       

    • Handuk

      Handuk sangat penting saat mandi untuk memudahkan pembersihan dan pengeringan bulu. Anda dapat meletakkan handuk besar di lantai dan menyiapkan satu atau dua handuk dalam jangkauan Anda, untuk menyerap sisa air pada tubuhnya sebanyak mungkin.

       

    • Camilan

      Tidak semua anjing menyukai waktu mandi. Memandikan anjing bisa melelahkan, jadi pastikan luangkan waktu bersama mereka untuk menyiapkan apa pun yang Anda butuhkan sebelum memandikannya.
      Untuk anjing yang tidak terlalu suka air, Anda bisa memberinya camilan anjing setelah mandi sebagai hadiah.

       

  2. Buat Anjing Anda Terbiasa dengan Air

    Bagaimana cara memandikan anjing yang tidak suka air? Ini mungkin sedikit melelahkan, tetapi jika anjing sudah terbiasa dengan waktu mandi, Anda hanya perlu membawanya melalui teknik mandi yang tepat. Jika anjing Anda pemula, biasakan dia dengan cara berdiri di bak mandi tanpa air terlebih dahulu. Anda bahkan bisa menjadikan ini sebagai permainan berhadiah camilan!

     

  3. Sikat Sebelum Membasahkan Bulunya

    Kesalahan yang dilakukan hampir semua pemilik anjing adalah mencoba memandikan mereka sebelum mereka menghilangkan bulu yang kusut atau rontok dengan sikat. 
    Sampo adalah bahan pembersih permukaan dan hanya akan membersihkan kotoran yang dapat disentuhnya. Dengan tidak menyikat terlebih dahulu, Anda tidak akan pernah menghilangkan kotoran yang terperangkap di dalam bulu yang kusut. Selain itu, akan lebih sulit untuk mencabut kotoran pada bulu yang kusut, saat Anda memandikan anjing Anda di lain waktu.

     

  4. Sampo Khusus Anjing

    Menghindari sampo manusia adalah tip penting tentang cara memandikan anjing. Tingkat pH sampo manusia biasanya terlalu keras untuk kulit anjing dan dapat menimbulkan masalah di kemudian hari. 
    Gunakan sampo khusus untuk kondisi kulit anjing Anda. Minta dokter hewan Anda untuk merekomendasikan sampo yang tidak pedih di mata dan berkualitas baik. Kecuali untuk sampo obat, Anda bisa mencampurnya dengan air sehingga busa lebih banyak dan bertahan lebih lama.

     

  5. Mandikan Anjing Anda

    Masih bingung cara memandikan anjing? Anda bisa mulai dengan membasahi seluruh tubuh anjing, meninggalkan kepala, wajah, dan telinganya untuk nanti. Cuci kaki belakang dan ekornya dengan sampo, dan pastikan untuk mencuci bagian pantatnya. Lanjutkan dengan keramas badan, dada dan kaki depan.
    Selanjutnya, basahi kepala, wajah, dan telinga. Tempelkan tangan Anda di atas telinganya untuk mencegah air masuk ke lubang telinga. Sapu area ini dengan hati-hati karena sampo yang tidak perih di mata pun tidak nyaman jika masuk ke mata. Bilas sampai bersih.

     

  6. Keringkan Anjing Anda

    Langkah terakhir cara memandikan anjing adalah menjemur. Setelah Anda selesai memandikan anjing Anda, segera bungkus dia dengan handuk.
    Agar anjing Anda tidak kedinginan, bungkus tubuhnya dengan selimut dan keringkan setiap bagian tubuhnya dengan handuk.

     

Pertanyaan Umum

  • Haruskah saya memandikan anjing saya?

    Memandikannya secara teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan anjing Anda. Mandi membantu menghilangkan kotoran yang terlihat, terutama setelah jalan-jalan yang menyenangkan. Memandikannya juga membuat bulu anjing Anda bersih, sehat, dan bebas dari parasit.

  • Bolehkah membiarkan bulu anjing hingga kering?

    Tidak. Membiarkan bulu anjing Anda hingga kering dengan sendirinya setelah mandi dapat membuat jamur tumbuh di antara bantalan kaki, kaki, dan tubuhnya. Hal ini juga bisa membuat bulunya kusut, terutama jika anjing Anda berbulu panjang.

  • Kapan waktu yang tepat untuk memandikan anjing?

    Secara umum, Anda dapat memandikan anjing Anda setiap minggu dengan sampo yang lembut. Namun, tentu saja, mandi diperlukan saat bulunya kotor, terutama setelah mereka bermain-main di tengah hujan atau lumpur.

  • Apakah anjing merasa nyaman setelah mandi?

    Ya, anjing bahkan bisa menjadi semakin aktif setelah mandi! Ini karena mereka merasa lega dan bahagia.

CESAR® Beli Online

Klik untuk membeli dari toko-toko di bawah ini