Cesar imagery
Memahami Arti Bahasa Tubuh Anjing
Memahami Arti Bahasa Tubuh Anjing

Memahami Arti Bahasa Tubuh Anjing

Hubungan Anda dan anjing Anda sangat dekat, bahkan Anda tahu apa artinya setiap kibasan ekor, mata juling, dan gonggongan, bukan?

Sebelum Anda menjawab, baca "panduan terjemahan" ini dan temukan arti sebenarnya dari postur, suara, dan ekspresi hewan peliharaan Anda.

 

Arti Bahasa Tubuh Anjing

 

  • Bentuk Komunikasi

    Memahami bahasa tubuh anjing berarti Anda sedang membangun keterampilan komunikasi dengannya. Bahasa tubuh anjing adalah bentuk komunikasi yang melibatkan serangkaian metode unik untuk mengomunikasikan emosi dan niat mereka.

     

  • Perhatikan Isyarat Verbal, Postur, dan Ekspresi Wajah

    Berbicara tentang arti bahasa tubuh anjing tidak hanya tentang bagaimana mereka menggoyangkan ekornya. Masih banyak lagi yang perlu Anda baca dan pelajari untuk memahami bagaimana seekor anjing berkomunikasi dengan Anda dan lingkungannya. Melihat lebih dekat dan memperhatikan isyarat verbal, postur, dan wajah mereka juga dapat membantu Anda memahami bahasa tubuh dari posisi anjing.

     

  • Memahami Mereka dengan Lebih Baik

    Anjing mengandalkan bahasa tubuh nonverbal. Hal ini dapat menyebabkan banyak kesalahpahaman antara manusia-anjing. Oleh karena itu, Anda harus memahami mereka dengan lebih baik, karena kadang-kadang bahasa tubuh anjing tidak dikenal. Untuk berkomunikasi lebih baik dengan mereka, pelajari cara membaca bagan bahasa tubuh anjing.

     

Tanda-Tanda Anjing Stres

 

  • Kontak Mata Rendah

    Kontak mata adalah sinyal penting untuk anjing Anda. Saat anjing merasa stres, biasanya mereka akan memalingkan muka dan menghindari serta menurunkan kontak mata. Orang sering mengartikan ini sebagai anjing yang mengabaikan mereka, tetapi ini adalah ekspresi ketidaknyamanan.

     

  • Menjilat dan Menggaruk Berlebihan

    Menjilat bibir adalah salah satu bahasa tubuh anjing. Kebanyakan orang berpikir bahwa anjing suka menjilati bibir mereka setelah makan enak. Padahal, anjing juga akan melakukan hal yang sama saat merasa cemas.
    Meskipun garukan yang berlebihan bisa menjadi tanda adanya kutu atau kondisi kulit, hal ini juga menunjukkan kecemasan.

     

  • Gemetar

    Saat anjing merasa stres, Anda akan menemukannya gemetar atau menggigil. Gerakan ini adalah respons stres yang umum.

     

  • Sering Menguap

    Menguap adalah tanda umum dari perasaan mengantuk atau bosan. Tapi, anjing juga menguap saat stres. Ini adalah cara mereka untuk menenangkan diri dan pemiliknya dalam situasi tegang.

     

  • Telinga Turun

    Anjing yang stres biasanya menahan telinganya, atau turun, bukannya tegak dan waspada.

     

  • Ekor Terselip di antara Kaki

    Sangat penting untuk memahami arti bahasa tubuh anjing untuk memahami apa yang dipikirkan atau dirasakan anjing. Jika anjing Anda merasa stres, Anda akan dapat mengetahui arti posisi anjing dari bahasa tubuhnya. Seekor anjing yang stres mungkin menyelipkan ekornya di antara kedua kakinya.

     

  • Whale Eyes

    Selain menyelipkan ekor di antara kedua kakinya, anjing yang stres biasanya menunjukkan beberapa perubahan pada matanya. Meskipun tidak mudah untuk melihatnya, anjing yang stres mungkin menunjukkan whale eyes, atau juga biasanya disebut halfmoon eyes.

     

Tanda-Tanda Anjing Bahagia

 

  • Mengibaskan Ekor

    Anjing yang bahagia juga dapat dikenali dari tanda-tanda pada ekor, mulut, dan telinga anjing tersebut. Salah satu tanda anjing yang bahagia adalah mengibas-ngibaskan ekor.

     

  • Postur Tubuh Santai

    Tanda anjing yang bahagia lainnya adalah tidak ada bagian tubuhnya yang tampak tegang. Saat seekor anjing merasa puas, dia akan bersandar pada Anda saat Anda mengelusnya.

     

Play Bowing

Play bowing juga merupakan tanda lain dari anjing yang bahagia. Play bowing adalah saat anjing menurunkan tubuh bagian depannya sampai sikunya berada di tanah, ekor bergoyang, dan bokong di posisi yang tinggi. Inilah arti bahasa tubuh anjing yang bahagia.

 

Tanda-Tanda Anjing Agresif

  • Memunculkan Rasa Takut

    Ini adalah tanda agresi pertama pada anjing. Anjing akan memunculkan rasa takut. Bahasa tubuh yang harus diperhatikan antara lain:

  • Ekor bergoyang tinggi disertai gerakan kaku
  • Mata menyipit
  • Tatapan tajam
  • Bersiaga
  • Tubuh agak condong ke belakang, siap menerjang

Tentu saja, ini semua hanya panduan umum. Bahasa tubuh anjing adalah bentuk komunikasi yang kompleks dan mendalam.

Bahasa Tubuh Arti
Saya berdiri setinggi mungkin, dengan bulu terangkat di leher dan punggung saya. Ekor saya tegak dan telinga serta dada saya maju ke depan. Saya merasa agresif atau berani. Jangan main-main denganku, orang asing!
Saya berusaha membuat diri saya terlihat kecil dan seperti anak anjing, tetap rendah di tanah dan berguling-guling. Saya bahkan mungkin buang air kecil sedikit. Saya merasa lemah dan tunduk. Tolong jangan sakiti saya.
Saya mengibaskan ekor saya dengan santai dan tanpa beban. Saya merasa lincah dan ramah. Mari bermain!
Kibasan ekor saya kaku, lambat dan sejajar dengan punggung saya. Saya marah! Dekati saya dengan hati-hati.
Ekor saya dijepit di bawah bagian belakang saya. Saya takut. Sesuatu telah membuat saya takut.
Telinga saya berdiri tegak, seperti antena. Saya mendengar, mencium, atau memperhatikan sesuatu yang menuntut perhatian saya. Saya dalam "kondisi waspada!"
Mata saya setengah tertutup, seperti menyipit. Saya merasa tertekan … atau tunduk.
Mataku terbuka lebar, lebar, lebar! Awas, saya bisa menyerang jika diprovokasi!
Saya menatap mata anjing lain dengan intens. Saya anjing terhebat di sini!
Lihat, saya mengangkat kaki depan saya dan menggonggong untuk mendapatkan perhatian Anda. Saatnya bermain! Apa yang Anda tunggu? Ayo ambil bola dan pergi ke taman anjing!

 

Terkadang Anda harus melihat lebih dari satu bagian tubuh anjing untuk memahami apa yang dia coba sampaikan kepada Anda. Tetapi saat mengamati anjing Anda dengan cermat, ingatlah untuk tidak menatap matanya terlalu lama. Dia mungkin menganggap ini sebagai bentuk agresi di pihak Anda.

 

Pertanyaan Umum

  • Bagaimana cara memahami bahasa tubuh anjing?

    Tidak sulit memahami bahasa tubuh anjing. Jika Anda adalah pemilik anjing baru, Anda bisa mulai memerhatikan ekor anjing Anda. Saat ekor mengarah ke bawah atau terselip di antara kedua kakinya, ini bisa menjadi tanda ketakutan atau stres. Sedangkan ekor yang bergoyang-goyang adalah salah satu tanda bahagia.

  • Bagaimana cara berbicara kepada anjing?

    Ada begitu banyak cara untuk membuat anjing Anda memahami Anda. Anda dapat menggunakan ekspresi wajah dan gerakan tubuh untuk berbicara dengan mereka. Tetap pertahankan kontak mata dan bisa juga menggunakan camilan anjing saat Anda berkomunikasi dengan mereka.

  • Apa arti gestur tubuh anjing?

    Gestur anjing adalah cara anjing mengekspresikan perasaannya dan salah satu caranya berkomunikasi dengan manusia. Cobalah mempelajari bagan bahasa tubuh anjing untuk memahaminya.

  • Mengapa anjing memberi Anda tangannya tanpa bertanya?

    Memberi tangan tanpa diminta biasanya karena mereka mencari perhatian. Mereka ingin bermain atau meminta Anda untuk menunjukkan kasih sayang. 

    Alasan lainnya adalah mereka mencoba meminta maaf setelah melakukan kesalahan.

CESAR® Beli Online

Klik untuk membeli dari toko-toko di bawah ini