Cesar imagery
Separation Anxiety pada Anjing: Tanda, Gejala, dan Pelatihan
Separation Anxiety pada Anjing: Tanda, Gejala, dan Pelatihan

Separation Anxiety pada Anjing: Tanda, Gejala, dan Pelatihan

Beberapa anjing merusak barang saat dibiarkan sendiri. Anda mungkin menemukan mereka buang air kecil di lantai, menggigit sepatu dan sofa, atau sering menggonggong dan melolong.

Beberapa anjing merusak barang saat dibiarkan sendiri. Anda mungkin menemukan mereka buang air kecil di lantai, menggigit sepatu dan sofa, atau sering menggonggong dan melolong. Meskipun ini bisa menjadi tanda bahwa anjing Anda membutuhkan pelatihan di rumah, tetapi bisa juga merupakan gejala Separation Anxiety pada anjing.

Seekor anjing yang memiliki Separation Anxiety akan merasa cemas dan tertekan saat Anda bersiap untuk meninggalkan rumah. Mereka akan mencegah Anda untuk pergi dan bertindak seolah-olah sudah bertahun-tahun sejak mereka melihat Anda. Kecemasan akan perpisahan bisa membuat Anda dan anjing Anda frustrasi. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengurangi gejala.

 

Apa Itu Separation Anxiety pada Anjing?

Separation Anxiety pada anjing adalah kondisi serius yang dapat dialami anjing saat terpisah dari orang yang dekat dengannya. Tidak jelas mengapa beberapa anjing memiliki kecemasan sementara yang lainnya tidak. Namun, anjing yang memiliki kecemasan ini dapat menjadi tertekan hanya dengan mengetahui bahwa Anda bersiap untuk pergi. Begitu sahabat Anda sendirian, perilakunya bisa berubah drastis, mulai dari mersak barang di rumah hingga melukai diri sendiri.

Separation Anxiety pada anjing tidak sama dengan rasa bosan dan itu adalah reaksi dari stres yang wajar. Meskipun tidak mudah untuk mengenali gejala Separation Anxiety pada anjing, Anda dapat mengetahuinya dengan memerhatikan perilaku mereka dan memastikan bahwa ini bukan karena kurang pelatihan di rumah.

Mengawasi mereka dengan cermat dan membuat daftar beberapa pertanyaan akan membantu Anda menentukan gejala Separation Anxiety pada anjing. Apakah anjing Anda mengerti sopan santun? Apakah dia terlatih menggunakan toilet? Apakah tanda-tanda itu hanya muncul saat Anda tidak ada? Anda juga dapat merekam video perilaku anjing Anda saat jauh dari rumah.

 

Gejala Umum Separation Anxiety pada Anjing

 

  • Menggonggong, meraung, dan merengek

Jika anjing Anda mengalami kecemasan akan perpisahan, mereka mungkin akan menggonggong atau melolong dengan keras saat ditinggal sendirian. Mungkin Anda tidak akan tahu ini terjadi kecuali Anda memiliki CCTV di rumah, atau adanya laporan dari tetangga.

 

  • Mengunyah dan mencakar

Jika Anda pulang dan menemukan semua barang di rumah berantakan dan rusak, Anda bisa yakin itu adalah kecemasan perpisahan atau separation anxiety. 

Hal ini tidak hanya dapat mengakibatkan kerusakan pada rumah dan harta benda, tetapi juga dapat menyakit anjing Anda. Misalnya, bentuk gigi yang rusak dan kaki yang terluka.

 

  • Buang air

Jika anjing Anda mulai buang air di dalam ruangan setelah Anda mulai lebih sering meninggalkan rumah, hal itu mungkin disebabkan oleh kecemasan akan perpisahan.

 

  • Coprophagia

Jika saat Anda pergi anjing Anda buang air besar dan kemudian juga memakan kotorannya, ini juga mungkin merupakan kasus kecemasan akan perpisahan.

 

  • Upaya melarikan diri

Jika anjing Anda mencoba keluar dari kandang atau kamarnya dengan menyerang pintu dan jendela, perilaku tersebut dapat menyebabkan cedera diri selain merusak barang di rumah.

 

  • Mondar-mandir

Kecemasan akan perpisahan dapat menyebabkan beberapa anjing berulang kali berjalan atau berlari di rute yang sama saat Anda tidak di rumah. Ini adalah gejala lain yang mungkin tidak Anda sadari kecuali Anda memiliki cara untuk memantau aktivitas mereka dari jarak jauh.

 

Penyebab Separation Anxiety pada Anjing

 

  • Ditinggal Sendirian di Rumah

    Sendirian di rumah bukan satu-satunya alasan. Perubahan jadwal yang tiba-tiba dalam hal kapan atau berapa lama Anda meninggalkan anjing di rumah juga dapat memicu gejalanya.

     

  • Perubahan Lingkungan

    Pindah ke lingkungan baru akan membutuhkan waktu untuk membiasakan diri. Hal ini biasanya terjadi setelah Anda pindah ke tempat tinggal baru.

     

  • Perubahan atau Kehilangan Anggota Keluarga

    Begitu anjing Anda memasuki rumah, dia akan menjadi bagian dari keluarga Anda. Ketidakhadiran salah satu anggota keluarga secara tiba-tiba, baik karena meninggal atau pindah, dapat menjadi penyebab Separation Anxiety pada anjing. Perasaan ditinggalkan ini dapat memicu berkembangnya kecemasan akan perpisahan.

     

Cara Mencegah Anjing Mengalami Kecemasan akan Perpisahan

Pulang ke rumah dengan keadaan berantakan seperti kapal pecah akan sangat melelahkan. Anda juga pasti jengkel melihat anjing Anda dalam kesusahan seperti itu. Menurut Tufts Animal Behavior Clinic, tujuan perawatan adalah untuk mengatasi kecemasan anjing dengan mengajarinya untuk menikmati, atau setidaknya mentolerir situasi saat ditinggal sendirian. 

Berikut adalah perawatan untuk mencegah anjing mengalami kecemasan akan perpisahan.

 

Pelatihan Separation Anxiety pada Anjing

 

  • Desensitisasi

    Hal terpenting dalam hal membesarkan anjing yang sehat secara mental dan fisik adalah mengajari mereka untuk merasa nyaman di dunia. Pelatihan pertama adalah desensitisasi.

    Ajari anjing Anda bahwa perpisahan akan membuatnya mendapatkan sebuah imbalan. Anda bisa mulai dengan meninggalkannya selama beberapa menit dan secara bertahap memperpanjang waktu Anda pergi. Anda bisa mendapatkan bantuan dari camilan anjing saat mereka sudah menunjukkan gejala stres / kecemasan akan perpisahan anjing.

    Memberi suguhan sebelum Anda pergi juga bisa membuat mereka menantikan momen keberangkatan Anda. Jadikan rutinitas keberangkatan Anda tidak merepotkan dengan membuatnya tidak peka terhadap tanda Anda akan pergi keluar.

     

  • Crate Training

    Kandang adalah alat pelatihan Separation Anxiety pada anjing yang penting. Ajari dia untuk mengasosiasikan kandangnya dengan hal-hal yang dia sukai, seperti mainan dan makanan yang dia suka. Sehingga dia akan senang menghabiskan waktu di dalam. 

    Ingat, tujuannya bukan untuk mengurung mereka sepanjang hari.

     

  • Olahraga

    Olahraga dapat membantu mengobati dan mencegah gejala Separation Anxiety pada anjing muncul. Pastikan anjing Anda melakukan banyak latihan fisik, terutama untuk anjing besar penuh energi. Jangan abaikan otot otak anjing Anda dengan melatihnya menggunakan mainan teka-teki dan permainan kognitif.

     

  • Jangan Biasakan Anjing Bermanja

    Jangan mendorong perilaku yang terlalu melekat meskipun Anda sangat mencintai mereka. Alih-alih memberi mereka terlalu banyak perhatian, cobalah menumbuhkan kemandirian dengan mengajari mereka untuk menyendiri di ruangan lain, bahkan saat Anda di rumah.

     

  • Obat (Jika Kondisinya Serius)

    Terkadang, pelatihan saja tidak cukup. Jika gejalanya bahkan lebih buruk, temui dokter hewan dan mereka akan merekomendasikan Anda beberapa obat, seperti amitriptyline. Obat ini digunakan untuk mengobati depresi. Sedangkan, alprazolam diberikan untuk gangguan kecemasan dan panik.

    Meskipun obat-obatan ini aman untuk sebagian besar hewan peliharaan, Anda harus mendapatkan resep dari dokter hewan.

    Selain obat-obatan, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membeli suplemen alami. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan sebelum memberikan vitamin dan suplemen apa pun kepada anjing Anda.

     

6 Cara Membuat Anjing Anda Menjalani Rutinitas Baru dengan Mudah

 

  1. Bekerja Paruh Waktu

    Anda sangat beruntung memiliki semua waktu ekstra ini dengan sahabat kecil Anda. Jika Anda memiliki opsi untuk tetap bekerja dari rumah beberapa hari dalam seminggu, fleksibilitas ini akan membantu anjing Anda terbiasa dengan rutinitas baru tersebut.

     

  2. Melatihnya

    Menjelang jadwal kerja baru Anda, tinggalkan rumah setiap hari untuk menjalankan tugas atau berjalan-jalan, dan perlahan tingkatkan waktu Anda pergi. Jika Anda mengenakan pakaian tertentu untuk bekerja atau membawa barang tertentu seperti kotak makan siang atau tas laptop, bawalah bersama. 

    Berikan anjing Anda beberapa camilan lezat sebelum Anda pergi, agar mereka mengasosiasikan perasaan positif dengan kepergian Anda.

     

  3. Normalisasi Kegiatan Sehari-hari

    Banyak dari kita membuang jadwal "normal" kita demi pagi yang lebih santai atau jam kerja yang berbeda. Jika jadwal anjing Anda berubah seiring dengan jadwal Anda selama setahun terakhir, mulailah melonggarkannya kembali sehingga perubahan tersebut tidak mengejutkan saat Anda kembali bekerja. Meskipun tampaknya sulit, cobalah untuk tidak terlalu banyak bermain selama jam kerja Anda yang akan datang.

     

  4. Buat Rumah Anda Terasa Nyaman

    Pikirkan tentang seperti apa hari kerja di rumah bagi anjing Anda. Jika Anda selalu menyalakan musik atau televisi, anjing Anda mungkin mendapat manfaat dari "white noise" yang sudah dikenalnya selama ini. 

    Jika Anda mengatur ruang kerja Anda dengan cara tertentu atau membuka tirai di jendela, atur semuanya dengan cara yang sama sebelum Anda pergi.

     

  5. Mulai Lagi Kehidupan Sosial Anjing Anda

    Jika sudah kembali bekerja di kantor, berarti rutinitas meninggalkan anjing di tempat penitipan anjing akan Kembali dimulai. Ingat: Interaksi sosial mereka mungkin terbatas seperti interaksi Anda di tahun 2021, jadi perkenalkan mereka kembali perlahan-lahan kepada orang dan anjing lain. 

    Sebelum Anda kembali, siapkan beberapa teman bermain dengan anjing teman atau keluarga, dan jadwalkan waktu di tempat penitipan anak. Jangan tunggu sampai Anda benar-benar memiliki jadwal kerja yang baru dan membuat anjing Anda terkejut dengan semua perubahannya.

     

  6. Perkuat Hubungan Anda

    Sahabat terbaik kita sangat rajin. Jika Anda melihat gejala Separation Anxiety pada anjing, jangan khawatir - sering kali mereka dapat menyesuaikan diri dengan cepat meski membutuhkan bantuan Anda. 

    Habiskan waktu ekstra sebanyak yang Anda bisa untuk berbagi momen dengan anjing Anda. Secara khusus, waktu makan adalah kesempatan besar untuk memperkuat asosiasi dan afeksi, terutama saat Anda memanjakan mereka dengan sesuatu CESAR® Recipe yang.

     

Mendapatkan Bantuan Profesional untuk Separation Anxiety pada Anjing

Jika anjing Anda menunjukkan tanda-tanda perilaku yang tidak biasa saat jadwal Anda berubah, kemungkinan besar penyebabnya adalah kecemasan akan perpisahan. Tujuan Anda adalah untuk membantu teman Anda terbiasa sendirian tanpa mengalami ketakutan atau kecemasan - tetapi jika upaya Anda tidak berhasil, Anda bisa mendapatkan bantuan dari luar demi menyembuhkan Separation Anxiety pada anjing dengan cepat.

Bicaralah dengan dokter hewan Anda. Mereka pasti dapat mengesampingkan masalah medis apa pun dan mungkin dapat merekomendasikan pelatih atau ahli perilaku untuk membantu meredakan kecemasan anjing Anda. Jika anjing Anda mengalami kecemasan perpisahan yang parah atau tidak merespons pelatihan dengan baik, dokter hewan Anda mungkin juga akan meresepkan obat antikecemasan.

Kita semua menghadapi tantangan unik dalam setahun terakhir ini. Sekarang setelah kehidupan kerja kita mulai beralih kembali ke keadaan sebelumnya, mari kita lebih waspada tentang bagaimana perubahan rutin kita memengaruhi anjing dan mengambil setiap langkah yang mungkin untuk meredakan kecemasan yang mereka rasakan.

 

Pertanyaan Umum

  • Bisakah menyembuhkan Separation Anxiety pada anjing?

    Ya, itu adalah kondisi yang bisa diobati. Anda dapat melakukan beberapa pelatihan dan menyembuhkan kondisi tersebut dengan obat antikecemasan. Silakan berkonsultasi dengan dokter hewan Anda sebelum memberikan obat apa pun kepada anjing Anda.

  • Berapa lama Separation Anxiety pada anjing berlangsung?

    Biasanya, dibutuhkan beberapa minggu hingga bulan bagi anjing untuk mengatasi kecemasan akan perpisahan. Itu semua tergantung pada kondisi, pelatihan, atau obat yang diresepkan dokter hewan.

  • Apakah memiliki anjing lain membantu membuatnya sembuh?

    Menambahkan jumlah anjing lain ke rumah dapat membantu anjing pertama Anda mengatasi masalah tersebut. Dengan ditemani oleh anjing lain di rumah, anjing Anda dapat mengatasi kecemasan akan perpisahan.

  • Apakah mengabaikan anjing Anda membantu mengatasi kecemasan akan perpisahan?

    Mengucapkan selamat tinggal dan salam yang panjang tidak akan membantu anjing Anda mengatasi masalah kecemasan akan perpisahan. Disarankan agar Anda membuat mereka tetap tenang dan mengabaikannya selama 15 menit sebelum Anda pergi serta setelah Anda tiba di rumah.

CESAR® Beli Online

Klik untuk membeli dari toko-toko di bawah ini