Cesar imagery
Ras Anjing Peking
Ras Anjing Peking

Info & Karakteristik Ras Anjing Peking

Anjing Peking awalnya dibiakkan untuk menjadi anjing kerajaan sahabat kaisar dan telah ada selama beberapa dekade. Jenis anjing asal Tiongkok ini sering disebut sebagai “anjing singa”. Ada sebuah legenda yang menyatakan bahwa Buddha mengambil seekor singa dan menyusutkannya menjadi anjing Peking! Di jaman sekarang anjing ini cocok menjadi hewan peliharaan keluarga yang ideal, berkat sifatnya yang protektif, setia, dan menawan. Mari pelajari lebih lanjut tentang kepribadian ras ini, kekayaan sejarahnya, umurnya, dan banyak lagi.

Kepribadian

  • Temperamen

    Anjing Peking sangat menyukai hal-hal terbaik dalam hidup. Mereka senang menjalin ikatan dengan keluarga tetapi tidak terlalu terbuka terhadap orang asing. Mereka adalah pengamat alam, dan akan menggonggong untuk memberi tahu seluruh lingkungan jika ada orang tak dikenal yang mendekati rumah mereka. Meskipun anjing ini terkenal tidak agresif, mereka tidak segan-segan mengungkapkan ketidaknyamanannya secara vokal.

  • Aktivitas Fisik

    Peking adalah anjing berukuran kecil yang memiliki tingkat energi rendah dan hanya membutuhkan sedikit olahraga. Daripada bermain dengan keluarga dan teman-temannya, mereka lebih memilih untuk melihat-lihat sekitar. Namun walaupun begitu, istirahat seharian juga tidak dianjurkan. Ajaklah anak bulu Peking Anda berjalan-jalan selama 20 hingga 30 menit agar mereka tetap aktif.

  • Kemampuan bersosialisasi

    Anjing Peking suka menjalin ikatan dengan keluarganya tetapi tidak suka berinteraksi dengan orang asing. Meskipun merka tidak keberatan berada di dekat anak-anak dan hewan peliharaan lainnya, anjing ini tidak akan menoleransi jika ada anak-anak nakal atau hewan peliharaan lain yang terlalu aktif di sekitarnya.

Anjing Peking adalah anjing penjaga yang sangat baik, dia waspada terhadap lingkungan sekitar, dan siap melindungi keluarganya.

Perawatan

  • Perawatan

    Bagian penting merawat anjing kerajaan ini adalah  untuk menjaga keindahannya. Anjing “singa” yang populer ini suka memamerkan bulu panjangnya yang berkilau; oleh karena itu, berikut beberapa tips yang dapat membantu untuk menjaga anjing Peking Anda tetap rapi:

  • Menyikat Bulunya

    Anda harus mendedikasikan setidaknya satu jam seminggu untuk menyikat bulu anjing Peking Anda, agar bulu kusut dan rambut mati hilang. Anda juga dapat menyelipkan rutinitas menyikat gigi dalam 60 menit ini. Gunakan sikat licin atau alat sisir khusus untuk melakukannya.

  • Mandi

    Anda cukup memandikan anjing Peking Anda satu atau dua bulan sekali. Anda juga bisa memandikannya seminggu sekali saat musim kawin (musim semi dan musim gugur).

  • Perawatan mulut

    Anda perlu menyikat gigi anjing Peking setidaknya dua kali seminggu. Namun, jika Anda bisa menyikat giginya setiap hari, hal ini bisa membawa perubahan besar bagi kesehatan gigi anjing Peking Anda. Menyikat gigi setiap hari akan mencegah kondisi gigi seperti penyakit gusi dan plak.

  • Memotong kuku

    Periksa kuku anjing Peking Anda setidaknya seminggu sekali. Jika Anda mendengar kukunya mengetuk lantai, inilah waktunya untuk dipotong.

  • Membersihkan telinga dan mata

    Periksa mata dan telinga anjing Peking Anda setiap dua minggu sekali. Ras anjing ini memiliki bulu yang panjang sehingga dapat menyebabkan penumpukan kotoran, dan jamur di telinganya karena selalu tertutup. Periksa apakah ada kemerahan, nanah, atau peradangan untuk menyingkirkan kemungkinan infeksi telinga. Jika Anda melihat bahwa mata anjing Anda terlalu banyak berair atau mulai memerah, bawalah ke dokter hewan.

Training

Ras anjing ini lahir untuk menikmati kehidupan di  istana. Mulailah melakukan training sejak usia muda agar dia terbiasa dengan apa yang akan terjadi setiap saat.

  • Penguatan positif

    Penguatan positif sangat bermanfaat bagi semua ras anjing. Cara terbaik untuk melatih anjing Peking Anda adalah dengan memuji tindakan baiknya dan menghadiahinya dengan camilan dan mainan.

  • Sosialisasi

    Karena anjing-anjing ini tidak cocok berada di dekat orang asing atau anak-anak dan hewan peliharaan yang terlalu suka bermain, cara yang terbaik adalah mensosialisasikannya pada usia muda. Hal ini akan membantu mereka terbiasa berada di dekat hewan peliharaan lain, orang baru, dan anak-anak.

  • Konsistensi

    Pelatihan anjing Peking tidak boleh diabaikan karena dia dapat dengan cepat terbiasa dengan apa yang situasi. Tetapkan rutinitas harian dan pastikan Anda menaatinya. Konsistensi adalah kunci dari ras ini karena mereka adalah anjing pengamat, tidak tertarik pada olahraga dan gerakan.

  • Pelatihan kepatuhan

    Mulailah dengan pelatihan kepatuhan sederhana dan ajarkan perintah dasar seperti 'duduk', 'diam', 'pergi', dan banyak lagi kepada anjing Peking Anda. Anda juga bisa mengajarkan perintah seperti 'ya' dan 'tidak' untuk membentuk kebiasaan baik dan buruk.

Kesehatan

Ras anjing Peking memiliki umur sehat 12 hingga 14 tahun pada umumnya. Namun, sama seperti ras anjing lainnya, ada beberapa penyakit yang harus diwaspadai oleh orang tua anak bulu:

  • Kondisi jantung

    Anjing peking dapat menderita penyakit katup mitral, suatu kondisi yang menyebabkan murmur jantung, yang tidak terdiagnosis dalam waktu yang sangat lama. Pilihan terbaik Anda untuk mencegahnya adalah melakukan pemeriksaan kesehatan rutin.

  • Cedera tempurung lutut atau patela

    Dislokasi tempurung lutut dikenal sebagai keseleo patella. Kondisi ini umum terjadi pada anjing kecil dan juga bisa diturunkan. Bawalah anjing Anda ke dokter hewan jika Anda melihat ada kelainan pada cara berjalannya.

  • Masalah punggung

    Karena anjing Peking memiliki kaki yang pendek dan punggung yang panjang, mereka dapat menderita penyakit punggung seperti penyakit cakram intervertebralis. Jangan biarkan anjing Anda melompat dari ketinggian dan selalu gunakan tanjakan sebagai pengganti tangga untuk menghindari masalah punggung.

5 Fakta tentang ras anjing Peking

  • Anjing Peking mungkin bertubuh kecil, tetapi mereka dapat menggonggong dengan sangat keras.
  • Jenis anjing Peking awalnya dibiakkan untuk menjadi anjing kerajaan bagi kaisar dan sering diberikan sebagai hadiah kepada bangsawan.
  • Anjing Peking juga dikenal sebagai “anjing singa” karena bulunya yang panjang dan berkilau.
  • Peking tidak seringan kelihatannya dan beratnya mencapai 6-7 kg.
  • Anjing Peking memiliki cara berjalan unik yang sering kali disukai banyak orang di pameran anjing.

Pertanyaan Umum

 
  • Apakah anjing Peking adalah hewan peliharaan yang baik?

    Anjing Peking adalah hewan peliharaan keluarga yang sempurna. Mereka setia dan protektif terhadap keluarga mereka dan menikmati ikatan keluarga.

  • Apa yang membuat anjing Peking dikenal?

    Anjing Peking terkenal dengan cara berjalannya yang unik, surainya yang mengesankan, dan ukurannya yang kecil.

  • Apakah anjing Peking adalah anjing yang dengan perawatannya tinggi?

    Meskipun anjing Peking tidak membutuhkan banyak perawatan, mereka perlu sering disikat karena bulunya yang panjang dan lebat.

  • Apakah anjing Peking sulit dilatih?

    Selama Anda menggunakan penguatan positif dalam bentuk pujian, mainan, dan camilan, anjing Peking tidak akan sulit untuk dilatih.

CESAR® Beli Online

Klik untuk membeli dari toko-toko di bawah ini